Saturday 24 August 2013

AYAM PANGGANG SPESIAL


Ini dia resep dari ibu sahabatku. Awalnya resep ini gak kepikiran sama sekali, ini cuma iseng-iseng saja minta sama teman. Dan akhirnya dikasih masukan dengan memcoba membuat makanan dari resep ini, yaitu "AYAM PANGGANG SPESIAL." Makasih ya tante buat resepnya, aku coba menu ini di rumah semuanya pada suka. Hehehe.. Yah, walaupun mungkin rasa dan teksturnya gak sama persis dengan buatan tante. Apalagi dilihat dari penampilan yang aku buat, hancur banget. Tp, walaupun penampilannya gak oke, rasanya oke banget tante. Ini dia picturenya.. Tadeennggggg.. Simsalabim :D

hasil akhir *_*

Pengen coba di rumah anda, ini dia resep spesialnya.

Bahan :
1 ekor ayam yang sudah dibersihkan, potong menjadi 4 bagian
1 buah Kelapa parut dijadikan santan
1 batang Serei disangrai
3 lembar Daun jeruk
3 lembar Daun salam

Bumbu :
6 butir Bawang merah
3 siung Bawang putih
6 buah Lombok besar
1 batang Serei
Gula pasir secukupnya
Garam secukupnya
Vitsin secukupnya
Kemiri secukupnya (saya pakai 2 butir)
Merica secukupnya (saya pakai ½ sdt)
Jahe sedikit (sekitar 1 garis jari kelingking)
Kunyit sedikit (saya pakai ½ sdt)
Lengkuas sedikit
Kencur sedikit

Cara membuat :
  1. Haluskan bahan menjadi bumbu. 
  2. Setelah halus, tumis bumbu ke dalam wajan dengan minyak panas.
  3. Setelah ditumis, campurkan santan, daun salam, daun jeruk dan serei kemudian aduk dengan rata hingga mendidih.
  4. Masukkan 4 potong ayam. Aduk terus hingga seluruh air santan tadi meresap ke dalam ayam.
  5.  Pindahkan ayam tadi ke pembakaran, kemudian panggang ayam.
  6. Hidangkan.
    Proses penyerapan bumbu
Note :
Bahan dan bumbu untuk 1 ekor ayam.
Jadi, kalau ingin membuat cuma 2 potong, tinggal bagi 2 saja bumbu dan santannya.
Aku biasa menambahkan kecap pada bumbunya.

SELAMAT MENCOBA ^_^

No comments:

Post a Comment